Perbedaan Teknologi HD TVI, HD CVI, serta AHD

Perbedaan Teknologi HD TVI, HD CVI, serta AHD

Kamera CCTV HD (High Definition), merupakan suatu jenis kamera yang menawarkan kualitas gambar High Definition.  High Definition merupakan suatu perkembangan resolusi yang digunakan menjadi lebih bagus atau lebih baik dari sekarang.

Resolusi yang digunakan untuk menentukan High Definition ada tiga format, yaitu:

720p
Merupakan format resolusi yang mempunyai ukuran asli 1280 x 720 pixels. Gambar yang ditampilkan dalam resolusi ini biasanya akan terlihat nyata. Selain itu, gambar yang dihasilkan dalam resolusi ini terlihat halus tanpa ada bagian yang pecah sama sekali.

1080i.
Merupakan format resolusi yang mempunyai ukuran asli 1920 x 1280. Gambar yang ditampilkan dalam format ini lebih bagus dibandingkan dengan 720p karena resolusi yang semakin besar. Selain itu, dengan resolusi ini gambar terlihat secara detail, dimana setiap warna yang ditampilkan seperti aslinya.

1080p.
Merupakan format resolusi yang mempunyai ukuran asli 1920 x 1080 pixels. Sebenarnya resolusi 1080i sama dengan resolusi 1080p, tetapi ada beberapa perbedaan, diantaranya adalah terlihat dari tingkat kedetailan gambar yang dihasilkan oleh 1080p lebih bagus dari pada 1080i. Selain itu, gambar yang dihasilkan lebih nyata lagi.

Sistem CCTV HD-TVI

HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) juga merupakan sistem Video HD melalui kabel coaxial. HD-TVI dikembangkan oleh Techwell Inc. Chipset Techwell sangat banyak dipakai oleh pabrikan-pabrikan DVR untuk kamera CCTV analog. Ketika sistem CCTV analog belum mampu mencapai resolusi megapixel dan IP Camera mempunyai kelemahan yaitu “network delay” , pasar membutuhkan CCTV HD (High Definition) berbasis kabel coaxial, sehingga Techwell menemukan teknologi HDTVI dengan chipset video HD 720p dan 1080p.Salah satu pabrikan yang mengadopsi teknologi HD-TVI adalah Hikvision.

Sistem CCTV HD-CVI

Pada tahun 2012, Dahua memperkenalkan teknologi HD-CVI (High Definition Composite Video Interface) yang mereka kembangkan, yaitu sistem CCTV High Definition melalui kabel coaxial seperti CCTV analog. Dahua menjelaskan bahwa teknologi HDCVI ini mampu menembus batasan resolusi sistem CCTV analog tradisional dan mampu memberikan gambar dengan resolusi megapixel dengan jarak transmisi hingga 500 meter.

Teknologi CCTV AHD

Teknologi AHD dikembangkan oleh Nextchip Corporation, sebuah perusahaan semikonduktor asal Korea yang memproduksi chip-chip untuk industri CCTV / surveillance. Nextchip telah mengembangkan produk-produk penting , desain sistem referensi, dan aplikasi yang berkaitan dengan AHD. Produk AHD ini memudahkan transisi dari sistem pengawasan video analog ke digital.

Kesamaan antara HDTVI , HDCVI dan AHD

  • HD-CVI , HD-TVI dan AHD adalah chipset video analog progressive-scan yang berbasis kabel coaxial , semua chipset ini dipasang di kamera CCTV.
  • Beroperasi sama dengan sistem CCTV analog biasa , dapat dengan mudah upgrade dari sistem CCTV 960h. HD-CVI , HD-TVI dan AHD ini mengikuti standar pengkabelan CCTV analog tradisional , sehingga pengguna dapat langsung mengganti sistem CCTV 906h/D1 dengan CCTV High Definition dengan hanya mengganti kamera dan DVR saja.
  • Dibandingkan dengan HD-SDI , sistem HD-CVI , HD-TVI dan AHD memiliki jarak transmisi yang lebih jauh tanpa loss sinyal.
  • Dibandingkan dengan IP Camera , sistem HD-CVI , HD-TVI dan AHD tidak memiliki problem seperti “network delay” yang menghasilkan gambar putus-putus.

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart

[apsl-login-lite login_text=’Social Connection’]